Jakarta - zinabandung.com - Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham DKI, Marselina Budiningsih didampingi pejabat struktural divisi pemasyarakatan mengadakan pertemuan dengan ketua dan pengurus IPKEMINDO DKI Jakarta serta Deputi Director Division For Applied Social Psychology Research ( DASPR), Fajar Erika yang didampingi Nasir Abas selaku Senior Konsultant DASPR bertempat di ruang rapat Kepala divisi Pas dalam rangka silaturahmi dan penguatan kepada para Pembimbing Kemasyarakatan (PK) yang diwakili 20 Pembimbing Kemasyarakatan dari seluruh Bapas di Wilayah DKI Jakarta, Jumat, 28/05/2021.
Dalam kesempatan itu, Kadiv Pas DKI, Marselina Budiningsih menjelaskan mengenai tugas pokok Divisi Pemasyarakatan serta bintorwasdal yang dilakukan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis termasuk Bapas di wilayah DKI Jakarta. Ia menjelaskan pada saat ini Bapas DKI Jakarta secara keseluruhan memiliki klien 5.359 orang dengan berbagai jenis tindak pidana , dimana 1 orang diantaranya adalah klien jenis tindak pidana teroris, terangnya. Sementara itu Deputi DASPR Fajar Erika menjelaskan tentang penyusunan panduan untuk PK dalam melaksanakan pendampingan bagi anak dan perempuan yang merupakan pelaku/keluarga pelaku tindak pidana terorisme atau kejahatan radikal ekstrim dengan kekerasan.
Hasil dari silaturahmi ini akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama antara IPKEMINDO dan DASPR yang akan dilaksanakan pada Rabu, 2 Juni 2021 mendatang yang akan dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, sambung Marselina. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme PK dalam melakukan pendampingan klien khususnya klien tindak pidana teroris yang dilakukan oleh anak dan perempuan di wilayah DKI Jakarta, sekaligus sebagai peluang besar untuk dapat dilaksanakan pada Bapas di seluruh Indonesia, terang Marselina.
Jakarta – Bertempat di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Jalan Mt.Haryono, Jakarta Timur, Ketua Ipkemindo DKI Jakarta, Marlan Parakas bersama Pengurus Inti Ipkemindo DKI Jakarta, melakukan silaturahmi dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Drs Ibnu Chuldun, Bc.IP, SH, M.Si., Kamis (20/05).
Audiensi ini dilaksanakan dalam rangka melakukan penguatan organisasi Ipkemindo DKI Jakarta sekaligus melaporkan perkembangan Ipkemindo DKI Jakarta kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta selaku Dewan Pembina, pertemuan dilanjutkan dengan pembahasan permasalahan-permasalahan terkini dibidang Pemasyarakatan yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi Pembimbing Kemasyarakatan.
Dalam kesempatan ini, Drs Ibnu Chuldun, Bc.IP, SH, M.Si sangat mengapresiasi dan mendukung atas langkah yang dilakukan jajaran pengurus Ipkemindo DKI Jakarta, khususnya dengan rencana program Kerjasama yang akan dilaksanakan oleh Ipkemindo DKI Jakarta dengan Division For Applied Social Psychology Research (DASPR) dalam "Peningkatan Kapasitas Pembimbing Kemasyarakatan Dalam Pendampingan Dan Pembimbingan Terhadap Pelaku/Keluarga Pelaku Tindak Pidana Terorisme Atau Kejahatan Radikal Ekstrim Dengan Kekerasan".
Diakhir audiensinya Ketua Ipkemindo DKI Jakarta, Marlan Parakas beserta jajarannya mengucapkan banyak terima kasih atas waktu yang telah diluangkan juga perhatian yang telah diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta demi kemajuan organisasi Ipkemindo DKI Jakarta.
IPKEMINDO Wilayah DKI Jakarta bekerjasama dengan Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur-Utara mengadakan Webinar Nasional dengan tema "Peningkatan Profesionalitas dan Kompetensi Pembimbing Kemasyarakatan dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan melalui Uji Kompetensi dan Keterampilan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah".
Webinar tersebut di ikuti dalam lingkup Nasional dan di ikuti kurang lebih enam ratus partisipan yang terdiri dari PK/APK dan para insan di lingkungan Direktorat Jenderal Kemasyarakatan. Webinar di buka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Sambutan Pembuka oleh Kepala Bapas Jakarta Timur Utara Nety Saraswaty yang menjabarkan maksud serta manfaat dari di adakannya kegiatan tersebut, selanjutnya di ikuti dengan pembukaan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun.
Pada inti acara yang di moderatori oleh PK Ahli Madya Kanwil DKI Jakarta Sri Yanti, webinar tersebut di isi dengan tiga sesi materi oleh tiga orang narasumber yang berkompenten di bidangnya yaitu:
  1. Junaidi, Bc.IP,SH.MH, Rancangan Perubahan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 41 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 42 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Jabatan Fungsional Asisten Pembimbing Kemasyarakatan.
  2. Decky Nurmansyah, Amd.IP, SH, MH dengan materi Uji Kompetensi PK dan APK.
  3. Lasmaull Noverita Simamarta,SH, MH dengan materi Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
Pada tiap sesi moderator memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menyampaikan pertanyaan kepada para narasumber sebagai bentuk timbal balik dari peserta kepada narasumber. Diakhir acara di isi dengan statement penutup dari Ketua IPKEMINDO wilayah DKI Jakarta Marlan Parakas yang memberikan stimulus agar PK dan APK dapat mengembangkan kompetensi melalui penulisna karya tulis ilmiah sebagai bentuk literasi baru di bidang Pemasyarakatan.